everything about audit

banyak orang yang sering kali berfikir bahwa audit adalah saatnya mencari cari kesalahan orang lain ataupun unit lain.

Sebenarnya, audit adalah sebuah alat untuk membantu sebuah organisasi untuk memperbaiki dan menyempurnakan sistem yang ada. 

Pertanyaan yang sering saya dapatkan mengenai audit adalah, kapankah sebuah ketidaksesuaian (finding) dikenakan observasi, minor ataupun major ?

Penjelasannya adalah sebagai berikut, jika tidak melakukan satu atau dua langkah dalam prosedur , dan tidak mengakibatkan hal yang fatal, maka dikenakan minor. Tetapi jika sebagian besar dari prosedur tersebut tidak dilakukan maka dikenakan major, ataupun jika sesuatu dilakukan dan mengakibatkan kerugian pada pelanggan maka dapat dikatakan major.  sedangkan observasi adalah keadaan dimana jika tidak dilakukan perbaikan akan menimbulkan sebuah ketidaksesuaian.

tetapi tidak dapat berpatokan mutlak kepada hal – hal yang saya sampaikan diatas, dikarenakan jika ada alasan mengenai ketidaksesuaian tersebut , maka kategori finding dapat diturunkan ataupun ditiadakan. tetapi tetap tindakan perbaikan dan pencegahan akan diperlukan.

Pada saat – saat awal menjadi auditor ataupun auditee, akan sangat sulit menentukan kategori suatu temuan. oleh karena itu perlu membaca atau memahami temuan temuan sebelumnya dari auditor – auditor yang berbeda.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar audit, silahkan tanyakan…

This entry was posted in Quality Management. Bookmark the permalink.

One Response to everything about audit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *