Pertanyaan Seputar Dokumentasi ISO

Berikut ini adalah pertanyaan yang biasa ditanyakan mengenai dokumentasi ISO. List ini akan saya update jika ada pertanyaan tambahan.

1. Apa perbedaan prosedur dengan instruksi kerja

Prosedur dibuat berdasarkan proses. Ada dua jenis Prosedur yang dibuat yaitu prosedur yang menyangkut proses di satu unit dan yang kedua prosedur lintas unit. Sedangkan Instruksi Kerja dibuat, jika ada satu kegiatan di dalam prosedur yang perlu dijabarkan lebih dalam.

Sebagai Contoh : didalam prosedur Perawatan Peralatan, didalamnya terdapat satu kegiatan yaitu, sebulan sekali melakukan perawatan terhadap genset. Bagaimana cara merawat Genset tersebut dibuatlah satu instruksi kerja yaitu instruksi kerja perawatan genset. 

2. Apakah segala sesuatu harus dibuat prosedur ?

Didalam ISO 9001 hanya ada 6 prosedur utama yang harus dibuat. Sedangkan proses yang lain dibuat jika ada kemungkinan kesalahan pengerjaan suatu proses jika tidak dituliskan secara terdokumentasi.

3. Apa Perbedaan Controlled Copy dengan Uncontrolled Copy

Controlled copy artinya adalah dokumen terkendali. Dimana berarti, jika ada perubahan terhadap dokumen tersebut, maka unit / pihak yang mengeluarkan dokumen tersebut wajib untuk menarik dokumen yang telah kadaluarsa dan memberikan dokumen versi terbaru. Sedangkan Uncontolled Copy berarti dokumen tersebut tidak akan dikendalikan oleh unit yang mengeluarkan. dalam arti, jika ada perubahan terdapat dokumen tersebut, maka pihak yang mengeluarkan dokumen tersebut tidak akan menginformasikan perubahan tersebut.

4. Siapa saja yang berhak menandatangani prosedur, instruksi kerja, dan dokumen lainnya.

silahkan mengacu pada daftar persetujuan personil yang ada di organisasi masing – masing

 

Jika ada pertanyaan lebih lanjut silahkan menghubungi saya di ym : ironzus@yahoo.com

salam

This entry was posted in Quality Management. Bookmark the permalink.

One Response to Pertanyaan Seputar Dokumentasi ISO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *